Kamis, 08 Desember 2011

Review The Elder Scrolls V: Skyrim (TES V)


Seri Elder Scrolls merupakan salah satu seri RPG Offline paling populer di seluruh dunia. Bathesda selaku developer dari seri ini kini merilis seri kelimanya yang disebut The Elder Scrolls V: Skyrim. Seri game ini memiliki keunggulan utama pada gameplaynya, dimana pemain akan menemukan kebebasan penuh dalam  menjalankan progres cerita maupun menjelajahi dunia yang luas dan dinamis. Mampukah Skyrim mengulang kesuksesan dari seri sebelumnya, mari kita bahas.


STORY:
Perburuan Naga dimulai !!!!!
Cerita Skyrim dimulai 200 tahun sejak seri ke IV Oblivion, dan mengambil tempat di di provinsi skyrim yang daerah timurnya berbatasan dengan Morowinddan Cyrodill di daerah Selatan. Perbatasan barat dengan wilayah HIgh Rock dan sebelah barat daya dengan wilayah Hammerfell, sedangkan di utara Skyrim berbatasan dengan lautan luas (Sea of Ghost) dan perbatasan timur laut dengan pulau Solstheim.Awal kisah yang cukup tragis, dimana anda sebagai tahanan yang tanpa nama dan akan dieksekusi mati di sebuah daerah kecil di Provinsi Skyrim bernama Desa Helgen. Pada saat akan dieksekusi tiba-tiba muncul seekor naga dan anda dapat memilih untuk menerima bantuan dari tentara atau tahanan lainnya. Di desa ini anda akan dapat menentukan bagaimana karakter anda, baik itu ras, bentuk muka, nama dan lainnya bebas untuk ditentukan oleh anda sendiri. Total ada 10 ras yang bisa anda pilih dari lima bangsa di Skyrim: human (imperial, nord, red guard, breton), elf (altmer, bosmer, dunmer), orc, khajit (bangsa kucing), dan argonian (bangsa kadal). Setelah itu anda akan dengan bebas menjelajahi dunia Skyrim, dan petualangan anda menjadi seorang pahlawan (Dragonborn) pun dimulai.

GAMEPLAY:
Gameplay dimulai dengan tradisi Elder Scrolls yaitu pembuatan karakter dan pemilihan ras seperti yang telah dijelaskan di atas. Kembali ke pemilihan ras, bila anda senang dengan gaya bertarung jarak dekat maka pilihlah ras yang mendukungnya, seperti Red Guard dengan ketahanan tubuh yang mantap, Orc yang mampu menggunakan Heavy Armor dengan baik, dan Nord yang ahli dalam menggunakan senjata. Pemilihan tersebut merupakan segelintir dari pembentukan karakter di Skyrim. Anda juga dapat membuat karakter dengan gaya bermain hybrid, seperti petarung jarak dekat yang memiliki kemampuan penyembuhan, ahli sneaking yang menyerang musuhnya dengan sihir ilusi dan membuat musuh saling membunuh, serta penyihir jarak dekat dengan dukungan armor tebal. Anda bebas menjadi apapun! Tidak ada batasan!
Game ini mengadaptasikan gaya kamera serta pengendalian karakter yang bergaya FPS. Tombol WASD digunakan untuk pergerakan pemain serta mouse digunakan untuk menyerang, JUST LIKE FPS STYLE!!!
Penggunaan skill dan item juga kini lebih dipermudah dengan adanya sistem "favorite". Dengan adanya sistem ini anda akan dengan mudah memilih item ataupun skill dengan sangat cepat. Tidak seperti game RPG lain yang menanamkan sistem moral di mana akan menentukan seberapa jahat atau baiknya anda, di Skyrim anda bebas untuk melakukan segala tindakan. Dan yang menjadi dampak dari perbuatan anda hanyalah pada daerah dimana anda melakukannya. Misalnya di suatu daerah anda melakukan kejahatan seperti pembunuhan atau pencurian, maka di daerah itu anda akan dikenal sebagai penjahat dan akan menjadi buronan. Sebaliknya ketika anda melakukan kebaikan. Satu hala yang perlu anda ketahui adalah, di skyrim semua orang bisa anda lawan dan semua benda bisa anda ambil, termasuk anda bisa melawan "Raja" sekalipun.

SOUND:
Pihak pengembang (Bathesda) mendesain setiap denting suara yang muncul dalam adu senjata logam, armor-amor berlapis tebal dan tipis, bunyi teriakan musuh yang kesakitan, bunyi derap langkah yang berjalan ataupun berlari di atas tanah, bunyi kecipak suara air ketika berenang, semua dengan kualitas sangat tinggi. Begitu pula dengan efek-efek suara dari setiap jurus-jurus sihir maupun Shout, terdengar sangat jelas di telinga. Para pengisi suara dari setiap NPC yang begitu banyak tersebar dimana-mana, terdengar seakan-akan sangat berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Bunyi suara mesin-mesin uap yang terus bekerja tiada henti selama ratusan tahun di dalam bangunan-bangunan canggih milik satu ras yang hilang dari dunia The Elder Scrolls, yakni ras Dwarf, terdengar sangat detail. Musik latar yang baru, berikut musik-musik latar dari seri The Elder Scrolls IV dan III sebelumnya, terdengar sangat epik dan luar biasa, akan mampu menghanyutkan suasana yang ada selama gamer terus berpetualang di provinsi Skyrim ini.

GRAFIK:
Untuk hal yang satu ini nampaknya tidak usah diragukan lagi. Gerakan animasi setiap karakter yang ada di SKyrim terlihat mulus, seperti ketika cara kuda bergerak dan berlari, begitu pula mimik wajah sebagian para NPC, yang terlihat lebih mulus daripada sebelumnya. Berkat pemanfaatan havok physic engine secara optimal, memmbuat semua gerakan animasi karakter akan terlihat alami, terutama ketika tewas terbunuh. Jika gamer membunuh musuh di anak tangga/di lereng bukit, maka mayatnya secara alami akan menurun ke daratan yang lebih rendah. Namun nampaknya Bathesda masih menggunakan engine dari Oblivion sehingga masih memakai diretX 9c dan tidak mendukung processor quad-core sepenuhnya serta masih menggunakan RAM 2 Gb. Sehingga dengan demikian akan terlihat penurunan piksel pada beberapa objek. 

Namun hal ini sedikit tertolong karena Developer memperbolehkan Skyrim untuk mendukung penuh mods pihak ketiga, sehingga salah satu hasilnya ialah dengan melakukan banyak tweaking dan mods gfx dari pihak ketiga itu. Tapi, keterbatasan/kekurangan gfx engine di satu sisi menjadi kelebihan di sisi lainnya, yakni desain pemandangan alam di dunia Skyrim sangat-lah indah, setting pedesaan, perkotaan, atau beberapa lahan pertanian/perkebunan yang berada di sekeliling dinding kota yang tebal, reruntuhan beberapa bangunan kuno dan tua, setting dungeon di bawah kota yang terlihat sangat kotor dan kumuh, atau setting dungeon di dalam gua, yang terdapat pemandangan alam berupa hutan kecil dan ada air terjun mini ataupun sungai-sungai kecil ayng mengalir deras di dalam gua, semua tampak sangat indah.

Setting Skyrim-lah yang menjadi salah satu keindahan utama dalam game ini, dibagian utara provinsi maka wilayah bersalju mendominasi daratan dan di tengah-tengah provinsi maupun di wilayah selatan, kondisi cuaca dan tetumbuhan berikut pohon-pohonnya, terlihat lebih hangat dan lebih sejuk. Salju tidak hanya mendominasi wilayah utara SKyrim namun juga menutupi kawasan pegunungan tinggi, baik yang berada di tengah-tengah provinsi ataupun yang berada di bagian selatan provinsi. Cuaca yang berubah-ubah, tidak hanya muncul berupa badai salju tapi juga ada hujan. Semuanya itu tidak menghalangi kehidupan para NPC yang pagi hingga sore hari masih bekerja, lalu ketika malam tiba, sebagian dari mereka akan beraktivitas di dalam rumah atau tidur, sebagian lainnya memilih berkumpul dengan sesama NPC lainnya di dalam penginapan, untuk saling mengobrol dan sambil mendengarkan lagu. Sistem pergantian siang malam yang real time turut menunjang penuh aktivitas para NPC itu semua.


KESIMPULAN:
Sekali lagi, Bethesda sukses mengembangkan sekual dari TES IV, memang mereka mengurangi beberapa sisi gameplay tapi disi lainnya mereka memberikan banyak inovasi baru dan membuat TES V ini menjadi lebih menyegarkan. Jika bujet mencukupi, alangkah baiknya dan sudah sepatutnya bagi gamer untuk membeli dvd resmi dari TES V ini, dan dvd edisi kolektor juga wajib dimiliki. Karena rpg ini takkan mengecewakan gamer, khususnya bagi penggemar rpg action yang kompleks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar